Posted by : Unknown Selasa, 29 Januari 2013



         di dalam Kurikulum 2013 Pada jenjang SMP dan SMA mata pelajaran TIK dihapuskan karena TIK akan diintegrasikan ke semuap pelajaran. Menanggapi permasalahan mengenai kurikulum 2013 tentang TIK. namun saya rasa hal tersebut sebenarnya kurang efektif dalam menangani permasalahan pendidikan di Indonesia dan juga mau dikemanakan guru-guru TIK yang ada Karena hal ini menimbulkan keresahan dan kontroversi di kalangan guru-guru TIK.
       Walaupun tujuan pemerintah melalui kurikulum tersebut adalah untuk memperbaiki pendidikan guna mencapai pendidikan yang bermutu dan berkualitas di masa depan hal tersebut belum tentu menjamin pendidikan di Indonesia akan sesuai dengan yang diharapkan pemerintah.
          Apalagi dewasa ini kita telah memasuki era globalisasi teknologi tinggi. Saya pernah membaca si sebuah artikel yang menjelaskan bahwa Indonesia hanya berpredikat sebagai follower ( pengikut ) bukan sebagai pemimpin teknologi dari 53 negara di dunia menurut survey dari lembaga the world economic forum swedia.
        Salah satu alasan pemerintah menghilangkan mata pelajaran TIK di tingkat SMP dan SMA adalah karena pemerintah berpendapat bahwa para peserta didik sudah mengenal lebih jauh teknologi seperti pemantapan komputer, internet dan telekomunikasi. Bagi masyarakat perkotaan hal itu memang benar tapi bagaimana dengan peserta didik yang tinggal di daerah terpencil. Tentunya hal tersebut belum tentu dan bahkan sangat kecil kemungkinannya.
        Ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta didik dalam menghadapi persaingan global pada saat ini dan pada saat mendatang karena tantangan zaman akan penguasaan bahasa dan teknologi harus terus ditanamkan pada peserta didik. Walaupun TIK di integrasikan di setiap mata pelajaran tentu saja hal tersebut masih sangat membutuhkan pengetahuan tentang teknologi. Tentu saja ilmu tentang teknologi yang di dapat dari integrasi TIK dengan ilmu lain akan sangat berbeda dari pada ilmu yang di dapat dari fokus pelajaran ilmu TIK itu sendiri.
   Disaat teknologi sedang berkembang pesat di Negara-negara lain Indonesia malah “menenggelamkan teknologi”. Hal ini seharusnya perlu dikaji lagi oleh pemerintah dan para ahli untuk mempertahankan atau membatalkan kurikulum 2013 ini.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Tutorial Merakit PC

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Followers

- Copyright © TEKNOLOGI UNTUK MASYARAKAT -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -