Posted by : Unknown Selasa, 29 Januari 2013


       Seperti yang telah kita ketahui bahwa Negara kita adalah salah satu Negara adidaya di dalam sumber daya alam namun kenapa barang-barang pokok maupun pangan seperti beras, sayur-mayur dan lain-lain begitu mahal hal tersebut tentu saja bisa berdampak bagi petani dan perekonomian rakyat. Salah satu penyebabnya ialah karena masih banyak dari petani-petani kita yang masih menggunakan cara-cara tradisional di dalam kegiatan pertanian. Tentunya kita tidak bisa terus-menerus menyalahkan pemerintah ataupun petani kenapa bisa terjadi hal-hal seperti ini.
        Maka dari itu di artikel ini saya akan sedikit mengulas mengenai teknologi yang bisa digunakan para petani di dalam kegiatan pertanian demi terciptanya kesejahteraan petani dan perekonomian rakyat. Pertanian tidak terlepas dari berbagai masalah. Memasuki era teknologi ini tinggi pada saat ini dapat dimanfaatkan juga untuk bidang pertanian demi membantu proses pengolahan, produksi, dan efektifitas maupun efisiensi dari pertanian itu sendiri.

Berikut teknologi- teknologi yang bisa digunakan untuk kegiatan pertanian :

  •  Salah satu alat yang sering digunakan ialah traktor . traktor merupakan mesin yang dugunakan untuk mengolah tanah. Jika dibandingkan dengan tenaga hewan seperti kerbau ataupun sapi alat ini lebih menguntungkan. Dan sekarang juga telah dikeluarkan alat yang lebih canggih inovasi dan pengembangan dari alat ini yaitu hand tractor (traktor tangan)

alat ini memiliki banyak fungsi selain untuk mengolah tanah alat ini juga bisa digunakan sebagi tenaga penggerak implemen lain seperti pompa air, alat prosesing, trailer dan lain-lain.
-          

  • Tanah merupakan salah satu faktor penting di dalam pertanian, maka dari itu untuk menangani permasalahan tersebut telah ditemukan dan dikembangkan oleh prof.Dr.Teruo Higa dari University of The Ryukus ( Jepang ) sebuah teknologi mikroorganisme yang disebut EM ( Effective Microorganism )
teknologi ini dikembangkan untuk menunjang pembanguna pertanian ramah lingkungan, menekan penggunaan pupuk kimia dan pestisida dengan system alami yang akhirnya dapat meningkatkan produktifitas tanah, mengurangi biaya produksi dan menghasilkan bahan pangan yang bebas bahan kimia sehingga bersih dan sehat untuk untuk di konsumsi, dan yang sedang akrab sekarang di masyarakat adalah EM-4.
  • Hydronponik sebagai salah satu solusi di dalam bidang pertanian dengan teknologi modern. Hydroponik merupakan suatu cara dan teknik bertani yang bersih dan sehat dan pembuka cakrawala baru di dalam teknologi pertanian yang modern karena hydroponik dapat diusahakan tanpa mengenal musim dan lingkungan. Dan tanaman yang bisa dibudidayakan secara hydroponic meliputi golongan tanaman hortikultura seperti buah, sayur, bunga, tanaman obat-obatan dan lain-lain. Teknologi ini telah dikembangkan di singapura, dan sudah saatnya juga cara ini di terapkan di Negara kita.

Hal-hal yang saya sebutkan diatas memang masih sebagian kecil dari teknologi-teknologi yang sedang berkembang sekarang dan mungkin telah diterapkan oleh beberapa petani namun alangkah lebih baiknya jika semua petani bisa melakukan hal serupa dan lebih ingin tau dan terus belajar untuk kesejahteraan mereka. Sudah saatnya para petani bergerak maju dengan mengikuti perkembangan dunia dengan melirik teknologi sebagai penunjang kesejahteraan petani dan perekonomian rakyat.

Arahan dari artikel ini adalah untuk meningkatkan pendapatan, kesejahteraan, daya beli, taraf hidup, kapasitas dan kemandirian serta akses masyarakat pertanian terhadap berbagai perkembangan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Tutorial Merakit PC

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Followers

- Copyright © TEKNOLOGI UNTUK MASYARAKAT -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -