Posted by : Unknown Selasa, 29 Januari 2013


    Pada zaman sekarang belanja online bukan lagi menjadi hal yang yang asing di kalangan masyarakat apalagi sekarang orang-orang bisa dengan mudahnya mengakses internet. Hal ini tentu saja memudahkan orang untuk melakukan belanja online. Dengan belanja online kita tentu saja bisa menghemat waktu, tenaga dan uang karena kita tidak perlu repot-repot berbelanja keluar rumah pergi ke toko atau pusat perbelanjaan yang jarak nya jauh.
       Namun dibalik semua kemudahan yang di tawarkan ternyata masih menyimpan sejumlah permasalahan, terutama permasalahan yang dihadapi para konsumen itu sendiri, seperti misalnya barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan. Kesalahan pengiriman, keterlambatan pengiriman dan masih banyak lagi. Hal ini tentu saja bisa membuat konsumen merasa kecewa dan stress.
        Sarana atau media belanja online ini juga menjadi lahan empuk bagi para pelaku tindak kriminal untuk melakukan aksi-aksi jahatnya. Seperti banyak nya situs-situs palsu, pengiriman barang yang tidak sampai dan masih banyak lagi, namun hal tersebut bisa kita cegah jika kita selalu berhati-hati dan tetap waspada. Yang menjadi permasalahan lain dari belanja online yang sering di alami saat berbelanja online adalah masalah pembayaran Karena di dalam transaksi jual beli online konsumen harus terlebih dahulu mengirimkan atau mentransferkan sejumlah uang untuk membeli produk yang diinginkan ke pada penjual setelah itu barulah penjual bisa mengirimkan produk yang dipesan. Di dalam belanja online memang para konsumen terkadang merasa diuntungkan dan dirugikan. Ini semua tergantung bagaimana cara kita menyikapinya.

Sedikit tips yang bisa saya bagi kepada anda agar lebih nyaman untuk berbelanja online :
  • ·                    Selidiki dan cari informasi terlebih dahulu tentang penjual untuk menghindari penipuan.
  • ·            Perhatikan harga produk yang di tawarkan, lalu bandingkan dengan harga produk serupa dipasaran, jika harga yang ditawarkan berbeda jauh maka waspadalah bisa jadi itu adalah penipuan. Pengecekan ini bertujuan membuat kita berfikir dalam pengambilan keputusan untuk membeli produk tersebut ataupun tidak.
  • ·                  Jangan segan untuk bertanya apakah penjual memiliki rekening di bank anda, karena tidak jarang penjual memiliki rekening di bank tersebut hanya saja dia tidak mencantumkannya di online shop nya.
  • ·      Jika memungkinkan hindari transaksi dengan bank yang berbeda. hal tersebut bisa menyebabkan transaksi anda berjalan lambat, karena proses pengiriman uang akan memakan waktu hingga beberapa hari. Tentunya hal tersebut menyebabkan produk yang dipesan akan lambat pula sampai ke tangan anda karena penjual baru akan mengirim produk ketika uang telah diterimanya.
  • ·             Dan jika anda masih ragu untuk melakukan transaksi cobalah untuk membeli produknya denga harga yang paling murah jika transaksi itu berhasil berjalan dengan lancar dan tidak mengalami masalah maka anda bisa melanjutkan untuk membeli produk yang anda inginkan.

Semoga informasi yang saya bagikan ini bermanfaan untuk anda. Sekali lagi tidak bosan-bosan nya saya mengingatkan anda untuk lebih teliti, berhati-hati, waspada dan paham tentang belanja online demi kenyamanan berbelanja online dan terhindar dari kejahatan-kejahatan dari pelaku tindak kriminal di dunia maya.
 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Tutorial Merakit PC

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Followers

- Copyright © TEKNOLOGI UNTUK MASYARAKAT -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -