- Back to Home »
- BELAJAR ADOBE FLASH PLAYER ( SOFTWARE ANIMASI )
Posted by : Unknown
Minggu, 13 Juli 2014
Apa kabar para pencari informasi ? semoga baik-baik saja ..pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai adobe flash player, Take a seat and enjoy it :D
Tak kenal
maka tak sayang, nah maka dari itu ayo kita kenalan dulu dengan Adobe Flash
Player ini
Let’s Go…
Adobe
Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak
komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan
untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang
dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat
diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash
menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya
pada Flash
Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada
tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama
FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan
nama 'Macromedia' adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe
Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia
Flash berubah menjadi Adobe Flash.
Work Space pada Adobe Flash Player
:
Stage
adalah bagian yang di gunakan untuk
menempatkan objek tampilan yang kita buat, atau Stage merupakan tempat untuk
elemen-elemen grafik yang membuat suatu movie. Stage sering di sebut kanvas di
gunakan sebagai objek pembuatan animasi. Segala Pemikiran tentang pembentukan
animasi maupun gembar di buat pada bidang ini.
![]() |
stage |
Library :
Di gunakan untuk menyimpan symbol yang di gunakan
untuk mpembuatan movie. Symbol ini merupan objek baik yang menggunakan objek
gambar (vector atau bitmap), tombol ,suara dan movie. Penggunaan objek yang
berul;ang ulang akan memperbesar ukuran file Symbol yang di gunakan berulang
ulang tidak akan memperbesar ukuran file.
![]() |
library |
Timeline :
bagian untuk membuat animasi di mana berisi frame, layer dan Scene
![]() | |||||
timeline |
Action :
Action dalam pengertiannya adalah bahasa pemrogaman Flash yang digunakan untuk membuat halaman Web, Animasi, Game dan Aplikasi Interaktif. Bahkan fungsi Action Script saat ini banyak digunakan untuk mengembangkan Game dan aplikasi online pada smartphone seperti Android dan Iphone.Properties :
merupakan window yang digunakan untuk mengatur
property dari
objek yang Anda buat atau panel
yang akan berubah tampilan dan fungsinya mengikuti bagian mana yang sedang
diaktifkan. Misalnya Anda sedang mengaktifkan Line tool, maka yang muncul pada
jendela properties adalah fungsi-fungsi untuk mengatur line/garis seperti
besarnya garis, bentuk garis, dan warna garis.
![]() |
properties |
Single keyframe dan frame :
Frame adalah 1 (satu) kotak yang terdapat dalam timeline. Key frame Adalah tanda yang digunakan untuk membatasi suatu gerakan animasiMotion tweened frame :
adalah salah satu fitur dari program adobe flash yang dapat memudahkan kita membuat sebuah animasi pergerakan objek tanpa harus memperbanyak gambar keyframe, hanya menentukan keyframe awal dan keyframe akhir, kita bisa menggerakkan sebuah objek menggunakan fitur ini.Shape tweened frame :
berfungsi untuk mengubah atau mengganti suatu objek yang lain. Untuk menggunakan shape tweening kita jangan menjadikan objek sebagai simbol atau teksLabeled frame :
jumlah frame didalam timelineScripted frame:
bahasa pemograman yg dipakai oleh adobe flash utk mengendalikan object2 ataupun movie yg terdapat dlm adobe flashtools area :
alat-alat yang ada di dalam flash dan yang akan kita gunakan untuk bekerja dengan objek, untuk lebih detailnya lihat gambar.
View Area :
Merupakan area kerja atau tampilan kerja dari file atau gambar yang sedang dikerjakanColors Area :
tempat dimana kita bisa melakukan pewarnaan pada animasi atau gambar yang kita buat
Option Area :
Merupakan bagian yang berisi sekumpulan tombol atau pilihan yang berhubungan dengan suatu Tool tertentu. Tombol pilihan yang ditampilkan di dalam Option bar akan menyesuaikan dengan tombol atau peranti yang terpilih di dalam panel Tools.Static text fields :
digunakan untuk menampilkan teks yang tidak berubah isinya selama playback movie.Dynamic text fields :
digunakan untuk menampilkan teks yang bisa secara dinamis berubah isinya, tergantung dari variabel.Input text fields :
digunakan untuk memasukkan teks pada form atau sebuah field text yang memungkinkan user untuk dapat menginputkan teks pada form aplikasi yang dibuat. Digunakan untuk memasukkan kata/kalimat sesuai keinginan user/pengguna. Untuk mengubah bentuk dan isinya anda juga dapat menggunakan actionscript.Breaking Teks Apart ? Apakah fungsinya? Dan bagaimana cara membuatnya?
Break Apart = Untuk memisahkan group, instance, teks dan bitmap menjadi elemen yang bisa diedit, anda bisa menggunakan perintah Break Apart. Perintah ini memodifikasi obyek sebagai berikut:
· Mengembalikan instance dari simbol menjadi obyek sendiri, seperti simbolnya.
· Memodifikasi bitmap menjadi obyek shape dengan fill bitmap tersebut.
· Membuat setiap huruf dari blok teks menjadi blok teks sendiri.
· Mengkonversi huruf / character menjadi obyek shape.
Untuk memberikan perintah break apart:
1. Tandai group, bitmap, teks, atau symbol yang diinginkan.
2. Pilih menu Modify > Break Apart.
Apa itu Linking Teks ?
linking teks adalah cara membuat suatu link dari teks. Teks yang dijadikan link agar bisa terhubung ke suatu link website di internet. Cara untuk melakukan Linking Text pertama dengan memblok kata/ kalimat yang ingin diberi link, kemudian klik icon link terus input link website yang anda inginkan.perbedaan Bitmap dan Vektor?
bitmap : kumpulan bit yg memuat suatu gambar atau rekonstruksi dari gambar asli. Gambarbitmap adalah gambar yg tersimpan sbg rangkaian pixel (titik2) yg memenuhi bidang titik2 pada
layar komputer dinyatakan dlm pixel ukurannya jg relatif lebih kecil
vektor : grafik yg berorientasikan pada objek, gambar yg mudah dikendalikan utk tujuan memanipulasi gambar & menyesuaikannya. gambar vektor kurang realistik dan tidak memenuhi ciri2 objek sebenarnya dlm kehidupan sehari-hari. selain itu semakin kompleks gambar yg dilukis maka ukuran file nya semakin lebih besar ukuran file nya dan semakin lambat utk dijelaskan pada layar/skrin.
Motion Tween
adalah pergerakan suatu objek dari keadaan awal sampai keadaan akhir. sebagai contoh anda ingin menggerakan suatu bola dari kiri ke kanan, dengan adanya motion tween kita bisa menggunakan sedikit objek tanpa harus membuat banyak objek, untuk contoh animasi Tween bisa anda lihat gambar dibawah ini.Shape Tween
adalah perubahan bentuk dari suatu objek ke objek lain. untuk Shape Tween objek yang dianimasikan harus berjenis Shape, untuk ukuran file yang dihasilkan Shape Tween lebih besar dibandingkan motion Tween.Simbol dalam flash
adalah untuk mengubah sebuah obyek menjadi suatu tipe sehingga dapat di gunagan sesuai obyek yang akan menjadi sebuah animasi.· Tipe simbol grafik
tipe simbol untuk sebuah obyek yang berbentuk gerafik
· Tipe simbol movie clip
Tipe simbol untuk sebuah obyek film
· Tipe simbol button
Tipe simbol untuk sebuah obyek yang bisa interaksi kepada pengguna / tombol
· Tweening pada simbol
Tipe simbol yang berada pada sebuah tweening .
Format Publishing Pada Adobe Flash Player :
(.swf) : Menghasilkan file *.swf
(untuk menjalankannya dibutuhkan flash
player). swf adalah sebuah file project yang menampilkan animasi yang ukurannya
lebih kecil
dibanding file animasi 2d lainya.
(.html) : Menghasilkan file *.html
(diperlukan internet explorer untuk menjalankannya)
Konversi ini biasanya digunakan untuk membuat web.
Windows Projector : Menghasilkan file
*.exe yang dapat langsung dijalankan.
baik teman-teman mungkin hanya sedikit saja yang
bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat :D
source by :
http://hafidhyf.net84.net/index4.php
http://software4ku.wordpress.com/2012/11/27/adobe-photoshop-cs3/Ruang
http://sinauflash.blogspot.com/2009/04/area-bekerja-flash.htmladalah
http://bintang-agusta-lesmana.blogspot.com/2012/03/pengertian-dari-macromedia-flash-dan.html
http://namiraputri.wordpress.com/2011/04/03/flash-cs3-professional/
http://www.rakakaraka123.blogspot.com/
http://desmaster.files.wordpress.com/2010/01/flash-tutorial.pdf
http://hafidhyf.net84.net/index4.php
http://www.ruumit.com/2011/10/tutorial-flash-istilah-istilah-dalam.html
http://www.m-edukasi.web.id/2011/10/perbedaan-insert-frame-dan-insert.html
www.m-edukasi.web.id
http://www.edu-softs.blogspot.com/2013/03/resume-praktikum-multimedia-2-flash.html
http://mrisnadi.blogdetik.com
http://mohkaris.blogspot.com
http://software4ku.wordpress.com/2012/11/27/adobe-photoshop-cs3/Ruang
http://sinauflash.blogspot.com/2009/04/area-bekerja-flash.htmladalah
http://bintang-agusta-lesmana.blogspot.com/2012/03/pengertian-dari-macromedia-flash-dan.html
http://namiraputri.wordpress.com/2011/04/03/flash-cs3-professional/
http://www.rakakaraka123.blogspot.com/
http://desmaster.files.wordpress.com/2010/01/flash-tutorial.pdf
http://hafidhyf.net84.net/index4.php
http://www.ruumit.com/2011/10/tutorial-flash-istilah-istilah-dalam.html
http://www.m-edukasi.web.id/2011/10/perbedaan-insert-frame-dan-insert.html
www.m-edukasi.web.id
http://www.edu-softs.blogspot.com/2013/03/resume-praktikum-multimedia-2-flash.html
http://mrisnadi.blogdetik.com
http://mohkaris.blogspot.com
a cia-cia lengkapnyaa....
BalasHapusmantab pantesan pengen cepet di komen :P
rapih lagih mantab ()y *eh y-nya kepleseet,,,
kereenlah aslinya... *geleng-geleng hha
Mantep makasi infonya ,
BalasHapusmakasi informasinya gan
BalasHapussemoga banyak viewer
terimakasih atas infonya
BalasHapuselemen solder